Online Shop Abal-abal 2014

15 Januari 2014
Online Shop Abal-abal 2014
Memanfaatkan SMS Broadcast, BBM dan Twitter
Ibarat aksi penyebar ranjau paku yang tidak peduli kalau cara yang mereka lakukan untuk mencari sesuap nasi adalah di atas penderitaan orang banyak yang bannya kempes karena ranjau paku yang mereka sebarkan, para kriminal onlineshop abal-abal tidak berhenti mencari cara untuk mendapatkan korban baru. Dari cara konvensional membajak akun Facebook orang lain dan membuat ratusan situs online palsu abal-abal dengan iming-iming harga handphone dan elektronik yang sangat murah. Sama seperti dunia nyata dimana ada komunitas Saber dan Semut Oranye, banyak netter yang aktif memerangi aksi ini dengan memberikan informasi situs-situs belanja online palsu seperti bankhitam.com, batamwatch.com datapenipu.com dan polisionline.com yang aktif memberikan informasi tentang aksi penipuan supaya tidak berjatuhan korban baru. Mungkin karena desakan yang cukup tinggi ini terlihat beberapa penipu online mulai mencari cara alternatif yang lebih fokus seperti mengirimkan SMS broadcast ke calon korbannya dengan iming-iming harga murah yang menuntun ke situs yang telah dipersiapkan. Selain SMS broadcast, banyak juga penipu yang mulai memanfaatkan pin BBM (Blackberry Messenger) sebagai sarana untuk mencari korban baru.

Salah satu contoh adalah yang dilakukan oleh pengirim yang melakukan broadcast dengan iming-iming iPhone 5s 64 GB yang diturunkan harganya dari 12,7 juta menjadi 3,9 juta dan menuntun calon korbannya ke situs online abal-abal www.bigsale-electro.com. (lihat gambar 1)
20140115I_onlineshop01
Gambar 1, SMS yang dikirimkan memberikan iming-iming iPhone murah
Jika korbannya tertarik dan mengunjungi situs yang telah dipersiapkan oleh pengirim SMS ini. Ia akan mendapatkan lebih banyak lagi penawaran gadget dan elektronik dengan harga yang menggiurkan (lihat gambar 2)
20140115I_onlineshop07
Gambar 2, Situs abal-abal yang telah dipersiapkan oleh penipu
Hebatnya lagi, situs yang satu ini sama sekali tidak memberikan informasi nomor akun bank atau nomor telepon yang bisa dihubungi jika pengunjungnya tertarik untuk membeli barangnya. Rupanya situs ini menggunakan modul onlineshop ready made yang diambil dari pijaronline.com dan jika anda berminat untuk membeli dari toko ini anda harus membuka akun dan anda harus memasukkan akun email yang valid untuk melanjutkan proses pembelian. Jadi untuk toko ini, supaya ditipu saja pengunjungnya harus usaha :).


Mencantumkan nomor telepon SLJJ
Jika anda mencari informasi tokonya, Big Sale Electro mengklaim beralamat di Jl. Gatot Subroto – Denpasar-Bali dan hebatnya ia berani mencantumkan nomor telepon SLJJ (0361) 3700777 yang ketika dihubungi oleh Vaksincom tidak diangkat diforwardkan ke telepon lain. (lihat gambar 3) Kemungkinan pemasangan nomor SLJJ ini dilakukan guna meningkatkan kepercayaan korbannya bahwa toko ini memang berdomisili sesuai dengan yang tertulis di websitenya.
20140115I_onlineshop03
Gambar 3, Bigsale-electro.com mencantumkan nomor telepon SLJJ untuk meyakinkan calon korbannya
Ketika Vaksincom mencoba untuk berbelanja beberapa barang karena harganya memang menggiurkan dan bisa membuat toko komputer yang ingin bersaing dengannya counting stars karena menjual di bawah harga modal Vaksincom baru mendapatkan nomor telepon 082313361333 yang harus dihubungi untuk mendapatkan nomor akun Bank. (lihat gambar 4)
20140115I_onlineshop09
Gambar 4, Keranjang belanja mempersilahkan korbannya untuk menghubungi nomor telepon tertentu untuk melakukan belanja.
Menurut database Vaksincom, nomor 082313361333 adalah milik provider Telkomsel yang dikeluarkan di Jakarta.

Licin seperti belut
Lain halnya dengan toko Sinar Shop atau Sinar Elektronik yang bisa dikatakan penipu veteran karena berkali-kali diblok dan dilaporkan oleh situs pengawas toko online, namun setiap kali di blok ia akan membuat domain baru dengan nama yang sedikit berbeda. Beberapa situs Sinar elektronik abal-abal yang masih aktif sampai saat artikel ini dibuat adalah http://www.sinar-shop.tk/ dan http://sinarelektronik.tk/. Menurut pengamatan Vaksincom pembuat situs ini bahkan sudah memanfaatkan frame dalam memindahkan situsnya dimana situs masternya ditaruh di blogspot seperti http://sinarshop86.blogspot.com/ dan http://sinarshop86.blogspot.no/ yang sudah dinonaktifkan oleh google. Namun, seperti biasanya pemilik situs abal-abal ini langsung menggantikan dengan membuat akun blogspot baru yang beralamat di http://www.sinargadget.blogspot.com/ dan semua domain yang sudah dipersiapkan akan langsung diarahkan ke situs blogpsot baru setiap kali situs blogspot lamanya diblokir. Seperti bigsale-electro.com, sinar elektronik abal-abal juga memanfaatkan SMS broadcast guna menarget korbannya lebih spesifik dan menghindari pelacakan aksinya secara online. (lihat gambar 5)
20140115I_onlineshop06
Gambar 5, Sinar-shop.tk memanfaatkan sms broadcast untuk mencapai korbannya
Jika anda mengira penipu ini hanya memanfaatkan SMS Broadcast, anda akan terkejut melihat pantauan Vaksincom, dimana rupanya kegiatan penipuan ini memang dilakukan dengan penuh dedikasi dan memanfaatkan berbagai sarana kemunikasi dan perkembangan terkini. Selain SMS Broadcast, penipu juga menggunakan BBM Blackberry Messenger. Penggunaan BBM dipilih ini kemungkinan besar karena alasan keamanan penipunya dimana database pengguna BBM hanya dimiliki oleh RIM dan relatif sulit melacak keberadaan penipu kecuali pihak berwajib bekerjasama dengan RIM dan provider telko. (lihat gambar 6)
20140115I_onlineshop08
Gambar 6, Penipu juga memanfaatkan BBM untuk menjalankan aksinya
Menurut pantauan Vaksincom, setiap hari secara rutin pemilik PIN yang nomor telepon penipunya menggunakan provider Three yang berasal dari Bandung ini (089655389800) secara teratur melakukan broadcast penawaran gadget dengan harga murah kepada semua kontak yang menambahkan PIN BBM yang dimuat di websitenya. (lihat gambar 7)
20140115I_onlineshop11
Gambar 7, Penipu memanfaatkan BBM untuk broadcast penawaran gadget murah setiap hari
Jika anda terkejut akan luasnya alternatif sarana dan media yang digunakan oleh penipu online ini, tunggu sampai anda masuk ke situs berniaga.com dan tokobagus.com dan lagi-lagi anda akan menemui aksi penipuan yang dilakukan oleh orang yang sama (lihat gambar 8). Mungkin penipu ini pengagum Miley Cyrus dan dalam menjalankan aksinya ia berprinsip we can't stop dampai korbannya tertipu dan menjadi Demi Lovato – Heart Attack.
20140115I_onlineshop04
 Gambar 8, Aksi penipuan ini juga memanfaatkan portal belanja online yang sedang berkembang pesat di Indonesia, berniaga.com dan tokobagus.com
Sebenarnya komunitas internet juga tidak tinggal diam dan selalu siap memberikan bantuan bagi pengguna jasa onlineshop. Jika anda ragu-ragu atas integritas toko online yang anda gunakan, anda bisa mengecek data informasi penipu online secara gratis. Adapun beberapa situs informasi penipu online yang siap memberikan informasi secara gratis adalah :

www.bankhitam.com

www.batamwatch.com

www.datapenipu.com

www.polisionline.com

Selain itu, menurut pengetesan Vaksincom, dalam beberapa kasus, Nawala Indonesia juga ikut aktif berusaha melakukan bloking terhadap akses situs onlineshop abal-abal tersebut (lihat gambar 9 dn 10). Namun hal ini memang membutuhkan stamina yang kuat dimana situs penipu online ini memang sangat aktif mengubah alamatnya setiap kali diblokir.
20140115I_onlineshop05
Gambar 9, Nawala juga aktif memerangi onlineshop abal-abal
20140115I_onlineshop10
Gambar 10, Akses ke onlineshop abal-abal yang diblokir Nawala
Reaksi komunitas terhadap aksi penipu ini beragam, dari yang cuek saja sampai terketuk hatinya untuk membuat daftar penipu online. Rupanya ada juga hacker yang gemas dengan aksi onlineshop abal-abal, saking tidak tahannya toko tersebut di deface (lihat gambar 11)
20140115I_onlineshop02
Gambar 11, Aksi hacker gemas dengan aksi penipuan sehingga meretas situs onlineshop abal-abal keretaelektronik.com
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com

PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7A Kav.A
Cikini, Jakarta 10330
Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom

Twitter : @vaksincom
Ph : 021 3190 3800
Share by: