Spam Saluran BBM

20 Januari 2017
SPAM Saluram BBM
Langkah Sesat Update BBM tanpa kuota yang membuat Prihatin
Para pengguna BBM Blackberry Messenger Indonesia harap berhati-hati dengan Broadcast yang menyebar melalui BBM yang mengelabui korbannya untuk bergabung dengan Channel BBM dengan nama "Saluran BBM" dan sekaligus menipu korbannya untuk melakukan broadcast pesan tersebut ke seluruh kontak BBMnya.
Broadcast Spam ini cukup berhasil karena korban yang tergabung pada channel BBM tersebut dalam waktu singkat, hanya beberapa jam setelah broadcast ini disebarkan sudah menembus lebih dari 5 juta pengguna BBM. (lihat gambar 1) dan terus bertambah. Kemungkinan waktu penyebaran broadcast ini sudah diperhitungkan dengan matang dan dilakukan pada saat weekend di minggu ke tiga Januari 2017. Vaksincom memperkirakan dalam waktu singkat, korban broadcast ini akan bertambah menembus angka 10 juta jika penyebaran informasi atas broadcast SPAM ini tidak dihentikan.
Ancaman potensial yang terjadi adalah jika channel yang beranggotakan lebih dari 10 juta orang ini disalahgunakan untuk melakukan iklan vulgar, penipuan, undian bodong sampai menyebarkanHoax, ujaran kebencian atau berita SARA. Maka kerugian potensial yang timbul akan sangat besar.
Gambar 1, Dalam waktu beberapa jam saja anggota Channel ini sudah menembus angka 5 juta.

Adapun pesan broadcast yang dilakukan cukup meyakinkan dan dibungkus dengan rekayasa sosial yang baik karena mengiming-imingi korbannya untuk mengupgrade ke BBM tanpa Kuota dengan pesan sebagai berikut :

I'd like to invite you to join the channel called "Saluran BBM"

Saluran BBM
Gabung dan Buka untuk
update ke versi BBM tanpa
kuota [KLIK DISINI]

(lihat gambar 2 di bawah ini)
Gambar 2, Broadcast BBM dengan iming-iming mendapatkan BBM tanpa kuota

Ibarat anak kecil yang di iming-imingi dengan Haribo, penerima broadcast mulai digiring untuk melakukan langkah-langkah tertentu yang telah dipersiapkan.
Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan BBM tanpa kuota yang dijanjikan dapat dilihat pada gambar 3 bawah ini.
Gambar 3, Langkah-langkah tipuan yang harus dilakukan guna mendapatkan BBM tanpa kuota.

dengan detail sebagai berikut.

  • Sentuh [3 titik di pojok kanan atas]
  • Pilih tambah kontak
  • Sentuh dan tahan salah satu kontak sampai keluar [pilih semua] / [Select All] (lihat gambar 4 di bawah ini)
Gambar 4, Anda akan digiring untuk mengiirmkan broadcast Spam ke seluruh kontak BBM anda

Jika korbannya melakukan hal tersebut, sebenarnya ia sedang diarahkan untuk memilih semua kontak BBMnya dan mengirimkan pesan Spam berantai tersebut ke seluruh kontak BBMnya. Jadi ibaratnya anda tercebut ke dalam selokan, lalu dijebak untuk menyeret teman-teman BBM anda tercebur ke selokan yang sama tanpa anda sadari. (lihat gambar 5)
Gambar 5, Setelah anda memilih semua kontak dan mengklik tanda centang di pojok kanan atas, maka anda telah melakukan broadcast pesan Spam ini ke semua kontak BBM anda

Bayangkan jika kontak-kontak yang anda kirim menerima BBM anda dan mempercayai hal ini lalu melakukan langkah seperti yang anda lakukan, secara berantai hal ini akan menyebarkan Spam ini dengan masif dan menambah anggota channel "Saluran BBM" dengan sangat cepat.
Jika channel ini digunakan untuk tujuan negatif seperti menyebarkan berita bohong, SARA, iklan tidak senonoh atau penipuan, dengan anggota channel diperkirakan 10 juta orang, dengan tingkat keberhasilan 1 % saja, maka yang menjadi korban penipuan / berita bohong ini adalah 100.000 orang. Jika tingkat keberhasilannya 10 %, korban potensial atas berita bohong atau penipuan ini adalah 1 juta orang.

Salah satu kemungkinan penipuan potensial yang bisa dilakukan adalah rekayasa bahwa korbannya memenangkan hadiah seperti yang sering dikiirmkan melalui SMS tipu-tipu :

"Selamat anda resmi mendptkan HADIAH RP.100 juta dari PT.MTRONIK pin anda (M257K69) u/ info lanjut klik di; www.pusatmtronik227.blogspot.com"

seperti pada gambar 6 di bawah ini :
Gambar 6, SMS hadiah palsu yang bertujuan menipu korbannya melakukan transfer uang ke penipu

Karena itu, para pengguna BBM Indonesia harap berhati-hati dan jangan mudah tergiur dan mengikuti langkah-langkah yang tidak anda ketahui tujuannya. Sekalipun dengan iming-iming hadiah koneksi internet gratis atau bisa juga ancaman seperti telepon atau akun anda akan di blokir. Konsultasikan dengan teman anda yang lebih mengerti atau ikuti channel Spam Vaksincom di https://telegram.me/vaksincom.
Jika anda telah menjadi korban dan bergabung dengan Channel "Saluran BBM" segera keluar dan channel tersebut dan informasikan ke seluruh kontak BBM anda untuk berhati-hati dan tidak menyebarkan atau mengikuti langkah yang diberikan broadcast BBM yang telah anda kirimkan kepadanya.
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com
 
PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7AA
Cikini
Jakarta 10330
Ph : 021 3190 3800

Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom
Twitter : @vaksincom
Share by: