@ mention Facebook dan Whatsapp

13 Februari 2017
Bermain-main dengan @ aka mention aka memanggil
Colak colek berbuah broadcast
Jika @ dalam email digunakan untuk memisahkan nama pengguna dengan domain email, maka @ dalam aplikasi Facebook dan Whatsapp memiliki fungsi yang berbeda yaitu untuk memanggil atau mention. Lucunya dalam waktu yang berdekatan muncul dua broadcast berkaitan dengan penggunaan @ tersebut. Yang pertama adalah broadcast yang menyebar melalui Whatsapp (WA) dengan pesan seperti gambar 1 di bawah ini :
Gambar 1, Broadcast WA yang salah kaprah dimana @ mention dikatakan untuk melihat anggota member

Dalam broadcast yang menyebar melalui Whatsapp dikatakan kalau ketik :
Q*@ dan dibiarkan akan melihat foto profile setiap group member. Dan tidak perlu ke group info lagi. Sebenarnya jika kita langsung mengetikkan “@” pada kolom pesan di WA tanpa “Q*” sekalipun akan muncul foto-foto profile. (lihat gambar 2)
Gambar 2, Mengetik @ pada WA akan memunculkan anggota group yang ingin dicolek.

Dan hal itu terjadi bukan sebagai shorcut / jalan pintas untuk melihat anggota group tetapi memang digunakan untuk “mention” / memanggil / menyebut / colek teman anda sesama anggota group. Colek teman ini sangat berguna khususnya jika teman anda jarang memantau group WA atau karena group WA sangat aktif dan terkadang anggotanya sibuk dimana anggota group yang di colek akan mendapatkan pemberitahuan dari Whatsapp seperti ia mendapatkan pemberitahuan jika ada pesan kontak Whatsappnya.
Colek di Facebook
Mungkin kebetulan karena pemiliknya sama, maka @ alias colek juga bisa digunakan di Facebook untuk memanggil / colek teman yang ingin kita ikutkan dalam foto / percakapan yang sedang terjadi. Biasanya formatnya adalah “@” diikuti nama teman yang bersangkutan atau terkadang mengetikkan nama teman anda saja pada wall akan otomatis memunculkan pilihan nama teman yang anda maksudkan. Nah, belakangan muncul satu broadcast yang sempat menyebar cukup luas di wall para pengguna Facebook dimana dikatakan jika mengetikkan satu kode khusus lalu tidak memunculkan nama “Mark Zuckerberg” berarti akun anda perlu di setting ulang alias kurang aman. (lihat gambar 3)
Gambar 3, Broadcast Facebook dimana @ mention Mark Zuckerberg dikatakan untuk memantau keamanan akun

Pada saat awal munculnya pesan ini, jika anda mengetikkan @[4:0] di kolom komentar, memang akan otomatis digantikan dengan “Mark Zuckerberg” sekaligus anda mencolek si pemilik Facebook ini. Namun pernyataan berikutnya yang perlu diwaspadai karena kebiasaan lama untuk menakut-nakuti pengguna Facebook lain juga dilakukan disini. “Jika tidak muncul artinya anda perlu mengatur setting-an keamanan akun anda” alias akun Facebook anda tidak aman. Mungkin tujuannya supaya penerima informasi ini melakukan perintah mengetikkan string yang diminta pada kolom komentar.
Lalu sebenarnya apa yang terjadi dan mengapa muncul nama Mark Zuckerberg ketika anda mengetikkan @[4:0] pada kolom komentar ?
Seperti kita ketahui, sistem program di aplikasi komputer tidak mengenali manusia dengan nama, tetapi dengan angka atau User ID. Jadi setiap pengguna Facebook PASTI memiliki User ID yang unik. Dan User ID untuk Mark Zuckerberg adalah 4. Ketika anda mengetikkan @[4:0] di kolom komentar, sebenarnya itu adalah perintah untuk mencolek (karena diawali dengan “@”) User ID Facebook 4 dan otomatis akan muncul nama Mark Zuckerberg yang kena colek. Bayangkan betenya pemilik akun yang di colek jika broadcast ini memviral dan setiap orang mencolek, dalam waktu singkat dia 4 akan dicolek ratusan ribu atau jutaan kali. Menurut pengamatan Vaksincom, programmer Facebook sudah mengakali hal tersebut di atas dengan otomatis menambahkan spasi antara “@” dengan “[“ setiap kali anda mengetikkan “@[….” sehingga fungsi colek menggunakan kode di atas tidak akan bisa berjalan lagi.
Untuk membuktikan hal ini, anda bisa melakukan pengecekan simpel dengan mengetikkan alamat : https://www.facebook.com/4. Dijamin layar yang akan muncul adalah akun Facebook Mark Zuckerberg https://www.facebook.com/zuck.
Jika anda penasaran dan ingin mengetahui User ID pengguna anda,lakukan langkah berikut ini :
  1. Login ke akun Facebook anda.
  2. Klik kanan pada halaman facebook untuk memunculkan menu dan pilih [View Page Source] anda akan membuka layar “view Source” dengan alamat : view-source:https://www.facebook.com/nama_facebook_anda
  3. Tekan [Ctrl][F] untuk membuka layar pencarian (find) dan ketikkan “original_user_id” dan tekan [Enter]. Angka yang muncul setelah string “original_user_id” itu adalah User ID anda. Untuk membuktikannya masukkan nomor tersebut setelah https://www.facebook.com/. Sebagai contoh User_ID Facebook anda misalnya 123456789 maka alamat yang akan anda buka adalah https://www.facebook.com/123456789 dan lihat apa yang terjadi.
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com
 
PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7AA
Cikini
Jakarta 10330
Ph : 021 3190 3800

Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom
Twitter : @vaksincom
Share by: