RansomDetect

2 Maret 2016
RansomDetect by Vaksincom
Cara mudah mengidentifikasi jenis ransomware yang menginfeksi komputer anda
Saat ini penyebaran ransomware sangat cepat dengan berbagai varian yang bermunculan serta metode enkripsi yang berbeda-beda sehingga terkadang sulit membedakan jenis ransomaware  yang sedang menginfeksi komputer anda. Karena itu Vaksincom telah meluncurkan sebuah aplikasi sederhana dengan nama “Ransom Detect” yang digunakan untuk memudahkan anda mengidentifikasi jenis ransomware yang menginfeksi komputer anda. Dengan aplikasi ini anda dapat mengetahui data anda di enkripsi oleh ransomware jenis apa dan apakah masih dapat selamatkan atau tidak. Aplikasi ini masih versi beta dan partisipasi anda dalam menyempurnakan aplikasi ini sangat diharapkan.

PENTING !!!
Vaksincom menyediakan tools RansomDetect guna membantu korban ransomware mengidentifikasi jenis ransomware yang mengingeksi komputer atau mengenkrip datanya. Tools ini disediakan secara GRATIS dan tidak ada biaya penggunaan apapun.
Tools ini sudah di test pada laboratorium Vaksincom dan berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah.
Meskipun tools ini dibuat dengan itikad yang baik untuk membantu pengguna komputer, namun tidak tertutup kemungkinan adanya error / bug atau kesalah penggunaan yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem atau kerusakan data anda baik secara langsung maupun tidak langsung. Vaksincom menyarankan anda untuk membackup terlebih dahulu data penting anda sebelum menggunakan tools ini, segala resiko atas kehilangan data jika tidak melakukan backup sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda.
Dengan mengunduh dan menjalankan program RansomDetect ini, anda menyadari bahwa resiko penggunaan tools ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda dan anda membebaskan Vaksincom dari tuntutan kerugian baik langsung ataupun tidak langsung atas penggunaan tools RansomDetect ini.
Tools ini akan terus dikembangkan seiring dengan ransomware yang terus mengembangkan diri. Semua saran, perbaikan atau penemuan bug silahkan diemailkan ke info@vaksin.com
 

Fungsi RansomDetect:
  • Mengetahui jenis ransomware apa yang meng-enkripsi file
  • Mengetahui apakah data yang di enkripsi dapat di selamatkan atau tidak pada saat ini.
  • Mengidentifikasi jenis ransomware yang menginfeksi komputer (jika ada).
  • BONUS : Ransom Detect dilengkapi dengan tips dan trik untuk mencegah ransomware menginfeksi komputer anda.

Silahkan anda download aplikasi tersebut di alamat url di bawah ini:

Download File
Dengan alasan keamanan, file "ransomdetect-b01.exe" di kompres dengan format .zip berpassword. Setelah di unduh harap unzip file tersebut dengan program unzip seperti WInzip atau 7-zip dan gunakan password: vaksincom untuk unzip.

Berikut cara untuk menggunakan Ransom Detect
:
  • Jalankan apalikasi “Ransom Detect” [Klik kanan “Ransom Detect-B01.exe” kemudian klik Run As Administrator]
  • Kemudian akan muncul layar utama “Ransom Detect”
Gambar 1, Layar utama Ransom Detect

Klik tombol [Pilih File] untuk menentukan file yang di enkripsi atau file pesan yang dibuat oleh ransomware. File pesan ini biasanya akan di buat di desktop atau di setiap folder yang di enkripsi oleh ransomware
Gambar 2, Memilih file yang di ekripsi oleh Ransomware
Gambar 3, Memilih file yang di ekripsi oleh Ransomware
Gambar 4, Memilih file yang akan di periksa oleh Ransom Detect

  • Kemudian klik tombol [Scan]
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi dari “Ransom Detect”, jika file tersebut di enkripsi oleh Ransomware, maka Ransom Detect akan menampilkan pesan sesuai dengan jenis ransomware yang meng-enkripsi file tersebut, seperti terlihap pada contoh gambar5 di bawah ini.
Gambar 5, Hasil deteksi file yang di enkripsi oleh Ransomware

Kemudian Ransom Detect akan melakukan pemeriksaan apakah komputer anda terinfeksi oleh ransomware. Jika komputer anda terinfeksi oleh Ransomware, maka Ransom Detect akan menampilkan pesan sesuai dengan jenis ransomware yang menginfeksi komputer tersebut. Lihat gambar6 di bawah ini.
Gambar 6, Hasil deteksi system komputer yang terinfeksi oleh Ransomware

Kemudian Ransom Detect akan menampilkan laporan mengenai hasil pemeriksaan file yang di enkripsi dan system komputer seperti terlihat pada gambar 7 & 8 dibawah ini.
Gambar 7, Laporan hasil deteksi file yang di enkripsi oleh Ransomware
Gambar 8, Laporan hasil deteksi system komputer yang terinfeksi oleh Ransomware

Klik tombol  [Tips dan Trik] untuk melihat tips dan trik agar tidak terinfeksi Ransomware
Gambar 9, Tips dan trik

Untuk proteksi “Shadow Volume Copies”, klik tombol [Protect Shadow Volume Copies] kemudian restart komputer anda.
Gambar 10, Proteksi Shadow Volume Copies

Jika ada file yang anda curigai di enkripsi oleh Ransomware tetapi tidak ter-indentifikasi oleh Ransom Detect  silahkan kirimkan contoh file tersebut ke email info@vaksin.com
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com
 
PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7AA
Cikini
Jakarta 10330
Ph : 021 3190 3800

Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom
Twitter : @vaksincom
Share by: