Backup essential

10 Mei 2016
Backup Esensial
[Artikel Info Komputer Mar 16]
Apakah anda tenang meninggalkan kendaraan anda yang diparkir tanpa mengunci kendaraan tersebut dengan baik dan benar ? Kemungkinan besar jawabannya adalah tidak, malah kalau perlu kendaraan tersebut anda tambahkan dengan perlindungan tambahan seperti asuransi dan alarm yang mumpuni. Hal tersebut dilakukan tentu karena anda menganggap kendaraan anda memiliki nilai dan anda akan berpotensi mengalami kerugian atau gangguan jika kendaraan tersebut hilang.
Jika hal tersebut anda lakukan, atau malah anda memiliki banyak polis asuransi baik asuransi umum maupun asuransi jiwa maka ada baiknya anda mempertimbangkan kunci, alarm dan asuransi untuk data anda. Jika anda bertanya mengapa ? Jawabannya mudah, mengapa kita mengasuransikan harta benda ? Ada potensi kerugian finansial yang muncul jika barang tersebut hilang. Demikian pula dengan data di sistem komputer yang anda kelola. Malah kabar buruknya, resiko kehilangan atau kerusakan data pada sistem komputer jauh lebih besar daripada resiko terhadap harta benda anda. Khususnya sistem komputer yang terhubung ke dalam jaringan dan internet, jika ada komputer lain yang terkena ransomware, data di komputer anda berpotensi untuk ikut di enkrip. Ibaratnya orang lain yang merokok andapun akan ikut menjadi korban sebagai perokok pasif. Sebenarnya pengamanan data perlu dilakukan bukan hanya karena ada ancaman ransomware namun karena banyak ancaman lain terhadap data anda seperti kerusakan harddisk, pencurian, kebakaran atau force majeur. Jika data bernilai bagi anda, sekali lagi penulis memberikan saran ada baiknya anda mulai mempertimbangkan backup dan satu hal yang perlu di ingat adalah, seperti sekuriti, Backup adalah “proses” dan bukan produk. Jadi anda tidak bisa seperti membeli hardware dan sudah aman tetapi anda harus melakukan proses tersebut serta melakukan monitoring dan evaluasi atas proses tersebut untuk menjamin backup yang anda lakukan sudah berjalan dengan baik dan bisa membantu anda jika sewaktu-waktu bencana menimpa anda. Dalam tulisan kali ini, penulis ingin memberikan beberapa hal yang sering dilupakan pada saat backup dan gambaran layanan backup yang tersedia saat ini untuk membantu mengamankan data berharga anda.

Apa yang sering terlupakan ?
Selain data penting seperti data base perusahaan, dokumen kerja kantor MS Office / Open Office dan dokumen pribadi seperti foto, video dan koleksi data pribadi lainnya. Ada beberapa data yang mungkin ikut dipertimbangkan untuk di backup seperti :

Email.
Backup email sangat penting khususnya bagi pengguna email yang masih menggunakan mail client seperti Microsoft Outlook atau Thunderbird. Pengguna Outlook perlu mengetahui dimana lokasi file mail clientnya yang berekstensi .PST (Personal Storage Table). Anda bisa melakukan backup dengan cara kopi dan tempel, namun jika ukurannya besar hal ini biasanya memakan waktu yang cukup lama. Outlook memiliki pilihan Import and Export. Selain itu anda bisa menggunakan tools backup file Safe PST Backup dari http://www.safepstbackup.com/ yang cukup handal dan digratiskan untuk pengguna perorangan. 
Jika anda pengguna Thunderbird, email anda tidak disimpan pada satu file tunggal seperti Outlook tetapi tersebar pada banyak folder yang berisi file .EML. Namun ada plugin yang bisa membantu anda untuk melakukan backup dengan nama ImportExportTools yang bisa didapatkan dari https://addons.mozilla.org/en-US/thunderbird/addon/importexporttools/?src=search.

Peramban
Setiap kali berganti komputer baru, semua bookmark dan situs favorit yang anda simpan sering hilang karena lupa / tidak di backup. Selain itu, password dan cookie yang mempermudah akses dan identifikasi juga ikut hilang. Mozilla Firefox memiliki backup dan sync yang bisa diakses dengan mengklik menu “hamburger” di pojok kanan atas dan pilih [Sign in to Sync]. Jika anda belum memiliki akun, silahkan buat akun dan akun tersebut akan menyimpan semua Tab, Bookmark, Password, History, Add-on dan Preference setiap kali anda login. (lihat gambar 1)
Gambar 1, Firefox memberikan fasilitas sinkronisasi preferensi akun gratis

Jika anda pengguna Google Chrome, anda bisa mengakses fitur sinkronisasi dengan mengetikkan “chrome://settings/” (tanpa tanda kutip) pada peramban anda.

Media sosial. 
Jika anda percaya bahwa Twitter dan Facebook tidak akan pernah mengalami masalah anda bisa melewatkan bagian ini. Namun belajar dari pengalaman dengan multiply.com, tidak ada jaminan bahwa suatu layanan akan terus tersedia sepanjang masa. Jika tidak percaya silahkan lihat keluhan pengguna multiply di http://www.isitdownrightnow.com/multiply.com.html. Karena itu tidak ada salahnya jika anda melakukan backup atas data media sosial anda. Untuk Facebook anda bisa melakukan dengan cara. Login ke akun Facebook anda, lalu masuk ke https://www.facebook.com/settings?tab=account dan klik “Download a copy of your Facebook data.” (lihat gambar 2) dan ikuti proses verifikasi. Tautan download akan dikirimkan ke email anda.
Gambar 2, Mengunduh data akun Facebook anda

Untuk Twitter, anda tinggal login ke akun Twitter anda, lalu ketikkan https://twitter.com/settings/account untuk mengakses menu “Account”, scroll ke bawah dan klik tombol [Request your archive] untuk mendapatkan tautan mengunduh semua cuitan anda dari saat pertama anda membuka akun tersebut.

Cloud Storage VS Cloud Backup
Berbicara tentang backup tentunya tidak lengkap kalau tidak membicarakan cloud. Sesuai dengan namanya, layanan cloud storage seperti Dropbox, Google dan Onedrive dapat digunakan untuk keperluan backup data yang cukup handal namun membutuhkan bandwidth internet yang mumpuni (untuk ukuran Indonesia). Layanan ini juga menyimpan versi backup dokumen sampai jangka waktu tertentu sehingga jika terjadi kerusakan atau penghapusan yang tidak sengaja atau sengaja dienkrip oleh ransomware sekalipun, anda masih bisa melakukan recovery dari versi terdahulu. Sebagai catatan, Dropbox menyimpan sejarah dari semua file terdahulu selama 30 hari untuk pengguna standar. Untuk pengguna yang membayar dan mengaktifkan “Extended Version History” waktu tersebut diperpanjang menjadi 1 tahun.
Meskipun dapat digunakan untuk mendukung backup, namun Cloud Storage sebenarnya bukan layanan yang dikhususkan untuk backup, layanan cloud yang dikhususkan untuk backup dikenal dengan nama Cloud Backup dan sebenarnya layanan ini sudah ada sebelum Cloud Storage, namun karena fungsionalitasnya yang tidak memungkinkan kolaborasi file layanan ini kalah populer dengan Cloud Storage. Adapun penyedia layanan Cloud Backup yang cukup ternama adalah Carbonite, Backblaze dan CrashPlan. Jika ditanyakan mana yang lebih baik, saran penulis : jika anda hanya membutuhkan backup saja dan tidak memerlukan kolaborasi / berbagi dokumen yang sebenarnya menjadi fitur paling menarik dan diminati dari cloud maka Cloud Backup menjadi pilihan yang lebih baik karena memang dikhususkan untuk backup dan memiliki fitur dan pengamanan yang dikhususkan untuk backup. Namun jika anda ingin mendapatkan fungsi backup sekaligus memanfaatkan kekuatan cloud untuk kolaborasi file antar perangkat anda dan berbagi file dengan rekan anda secara aman, sudah pasti pilihannya jatuh pada Cloud Storage. Dengan Cloud Storage seperti Dropbox atau Google Drive, anda perlu melakukan backup secara manual, namun banyak program sekuriti seperti G Data Total Protection yang bisa melakukan backup secara otomatis untuk anda. Biaya langganan yang dikeluarkan untuk Cloud Storage dan Cloud Backup menurut pengamatan penulis cukup berimbang.

Sebagai penutup, teknologi selalu berkembang dan kita sebagai pengguna memang harus selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan terbaru guna mendapatkan manfaat optimal. Salah satu gambaran adalah keterbatasan backup dengan DVD Rom yang hanya memiliki kapasitas 4 - 5 GB per keping kini terbantu dengan teknologi baru DVD Blu-Ray saat ini mampu menampung data sampai dengan 25 GB per keping. Biaya yang perlu anda keluarkan per keping Blu-Ray adalah Rp. 9.000,- (diluar Blu-Ray writer).

Jadi solusi mana yang anda pilih ? Silahkan berhitung.
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com
 
PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7AA
Cikini
Jakarta 10330
Ph : 021 3190 3800

Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom
Twitter : @vaksincom
Share by: