Conficker 2013 1/5

10 Juni 2013
Conficker 2013 1/5
Dikeroyok oleh 30 perusahaan IT dunia
Malware apa yang dalam sepak terjangnya sampai mampu memaksa 30 perusahaan / organisasi IT terkemuka dunia termasuk Cisco, Microsoft, IBM, ICANN, IT-ISAC, Internet Storm Center dan Institut Teknologi Georgia untuk berkolaborasi secara langsung membentuk organisasi khusus untuk menghadapinya ?

Kalau anda masih belum bisa menjawab, mungkin Vaksincom berikan sedikit hint lagi, malware ini pertama kali muncul pada akhir tahun 2008 dan memiliki 5 varian, masih aktif sampai hari ini, dalam aksinya akan mengakibatkan banyak akun Username Active Directory Windows yang terkunci (Account lock out) , Microsoft mengeluarkan undian US $ 250.000 bagi siapapun yang bisa mengungkapkan pembuat Conficker ini namun sampai hari ini pembuatnya terungkap dan informasi terakhir mungkin akan membuat anda makin dekat kepada jawabannya. Sampai saat ini masih termasuk dalam malware yang paling banyak ditemukan pada jaringan perusahaan di Indonesia.

Hanya satu malware dalam sejarah virus dunia yang memiliki ciri-ciri seperti di atas, Conficker. Diluncurkan pertama kali pada tanggal 21 November 2008 dan dalam waktu kurang dari 6 bulan mengeluarkan semua 5 variannya sampai-sampai 1 April 2009 ditunggu-tunggu oleh para pengguna komputer dengan cemas karena merupakan saat penentuan apakah pembuat Conficker mengirimkan perintah pada jutaan komputer yang terinfeksi Conficker yang mengandung botnet yang akan menuruti apapun yang diperintahkan oleh pembuat Conficker melalui situs-situs yang telah dipersiapkan http://edition.cnn.com/2009/TECH/03/24/conficker.computer.worm/. Kabar baiknya, hal tersebut tidak terjadi dan pembuat Conficker kemungkinan juga sudah “tiarap” karena banyak pemburu dolar yang tergiur dengan US $ 250.000 dari Microsoft untuk mengincar siapa yang berada dibalik malware ini kalau ia jadi menjalankan aksinya.

Artikel pendek Conficker lainnya :
  1. Dikeroyok oleh 30 perusahaan IT dunia (1/5)
  2. Conficker Working Group (2/5)
  3. 5 ciri infeksi Conficker (3/5)
  4. Cara Mudah Periksa Conficker (4/5)
  5. Conficker Indonesia (Artikel lengkap) (5/5)
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com

PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7A Kav.A
Cikini, Jakarta 10330
Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom

Twitter : @vaksincom
Ph : 021 3190 3800
Share by: