1000 Iphone Gratis

10 Juli 2015
Apple memberikan 1.000 iPhone 6 GRATIS pada pembukaan Apple Store ke 1.000
Berharap iPhone dari langit, teman Whatsapp jadi korban
20150710I_iphonegratishoax01
Dalam dua hari belakangan ini marak beredar di Whatsapp messenger posting dengan bunyi :

Have you heared about Apple's 1000th store? They are giving 1000 iPhone 6 for free for the grand opening. You can check it here: http://m.bbcmobilenews.com/applein/free-iphone6 . The offer it's still available. (lihat gambar 1)
20150710I_iphonegratishoax01
Gambar 1, Pesan Whatsapp tentang 1000 iPhone Gratis

Yang kira-kira kalau diterjemahkan, Apple memberikan 1000 iPhone 6 gratis dalam pembukaan Apple Storenya dan penerima pesan diminta untuk mengklik tautan yang diberikan.
Jika tautan di klik, situs yang dituju cukup cerdik dan melakukan penyaringan jika peramban yang mengakses bukan dari smartphone melainkan dari desktop ia hanya akan menampilkan situs Google Rumania. (lihat gambar 2)
20150710I_iphonegratishoax02
Gambar 2, Jika situs diakses dari komputer biasa situs akan memforwarkan ke Google Rumania

Namun jika situs tersebut diakses melalui smartphone, ia akan langsung menjalankan aksinya dengan menampilkan iming-iming yang bisa membuat korbannya ngiler dan kecanggihan tampilan situs yang tidak kalah canggih dengan situs online shop abal-abal yang sempat merajalela di Indonesia. Untuk desain situs mobilenya cukup menarik dan menampilkan video singkat antrian di toko yang diperkirakan Apple Store. Hebatnya lagi, tampilan situs kelihatannya sudah di desain untuk menyesuaikan isinya dengan profil pengaksesnya dimana jika pengaksesnya dari Indonesia maka bahasa yang ditampilkan adalah Bahasa Indonesia dengan situs yang dipersiapkan bernama bbc.livenewsindonesia.com (gambar 3). Sebagai catatan, jika diakses dari komputer biasa, maka situs yang akan ditampilkan adalah bbcmobilenews.com
20150710I_iphonegratishoax03
Gambar 3, Tampilan berbahasa Indonesia yang sangat meyakinkan pengaksesnya atas bonafiditas situs

Adapun informasi yang diberikan pada situs tersebut cukup meyakinkan dan berbunyi :

Apple sedang membuka toko baru!
Tim Cook: "1.000 penduduk negara Indonesia bisa mendapatkan satu iPhone 6 gratis"
Oleh Kayleigh Bateman

Jika Anda tinggal di Indonesia dan menginginkan iPhone 6 yang benar-benar baru, maka ini mungkin merupakan artikel yang paling menarik yang pernah Anda baca. Inilah yang terjadi: Apple Inc (NASDAQ: AAPL)sedang membagi-bagikan iPhone 6 64 GByang baru kepada penduduk negara tersebut secara gratis. Ya, yang Anda baca memang benar - GRATIS.
"Dalam rangka pembukaan toko baru di Indonesia, kami memutuskan untuk membagi-bagikan 1.000 buah iPhone 6. Mengapa 1.000 buah? Dan mengapa kami memutuskan untuk membagi-bagikan iPhone 6 yang baru? Jika Anda belum tahu, toko ini akan menjadi Toko Apple yang ke-1.000 di seluruh dunia."- Tim Cook, CEO Apple
Agar dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan satu buah iPhone 6 gratis, Anda hanya perlu menjawab 3 pertanyaan sederhana tentang Apple Inc. Jika Anda menjawab dengan benar, Anda akan diarahkan untuk mengirimkan perincian alamat pengiriman Anda.

Jadi hanya dengan menjawab 3 pertanyaan mudah, pengakses situs dijanjikan akan mendapatkan iPhone 6. Sebelum 3 pertanyaan tersebut muncul, korbannya sudah dibuat merem melek membayangkan iPhone 6 karena muncul tampilan seperti gambar 4 yang memberikan ucapan selamat sebagai pengguna yang beruntung (lihat gambar 4)
20150710I_iphonegratishoax04
Gambar 4, Pengakses akan klepek-klepek bahagia membayangkan kesempatan memenangkan iPhone 6

Pembuat situs ini cukup pintar dan memberikan tantangan yang sebenarnya mudah sekali dijawab oleh fans Apple. Lalu pertanyaan apa yang ditanyakan ? Pertanyaan pertama, siapa pendiri Apple Inc. ? (lihat gambar 5)
20150710I_iphonegratishoax05
Gambar 5, Pertanyaan pertama, siapa pendiri Apple Inc. ?

Lalu ada pilihannya, Steve Jobs atau Tim Cook. Kalau bagi orang Indonesia kira-kira pertanyaan ini berbunyi. Siapa Bapak Proklamator Indonesia ?

Dilanjutkan dengan pertanyaan kedua (lihat gambar 6). Kapan iPhone pertama kali diluncurkan ? Bagi fans Apple kira-kira pertanyaan ini sama dengan pertanyaan Tahun Berapa Indonesia Merdeka ? Rasanya kalau salah menjawab agak keterlaluan karena pilihan yang diberikan hanya 2. (lihat gambar 6)
20150710I_iphonegratishoax06
Gambar 6, Kapan iPhone pertama kali diluncurkan ?

Lalu pertanyaan terakhir berapa kapasitas maksimum iPhone 6 (lihat gambar 6)
20150710I_iphonegratishoax07
Gambar 7, Berapa kapasitas maksimal iPhone 6 ?

Kira-kira bagi orang Indonesia pertanyaan ini berbunyi, berapa jumlah penduduk Indonesia ? Pilihannya 125 juta atau 250 juta ?
Setelah anda menjawab semua pertanyaan di atas, anda akan mendapatkan tampilan animasi seakan-akan server sedang memproses jawaban anda (lihat gambar 8) yang sebenarnya merupakan animasi situs web dan tidak ada server yang memproses jawaban anda (agak keterlaluan juga kalau 3 pertanyaan harus diproses oleh server) 
20150710I_iphonegratishoax08
Gambar 8, Proses animasi untuk mengelabui korbannya supaya makin percaya tidak ditipu

Anda tidak perlu pusing memikirkan jawaban atas semua pertanyaan di atas, karena Vaksincom sudah mengetes, APAPUN jawaban yang di klik, baik benar maupun salah, anda tetap akan dinyatakan sebagai pemenang …. ini kabar gembiranya. Kabar tidak gembiranya, setelah itu anda akan diminta untuk mengirimkan informasi ini kepada 10 kontak / group Whatsapp anda (lihat gambar 9)
20150710I_iphonegratishoax09
Gambar 9, Pemenang diminta untuk sharing informasi ini ke kontak Whatsappnya

Biasanya kalau sudah begitu tentunya korbannya akan gelap gulita / gelap mata dan tidak bisa melihat kenyataan dan tentunya tidak sulit melakukan sharing, apalagi hanya 10 kontak Whatsapp. Iphone 6 sudah menanti. Dan hebatnya lagi, situs ini memiliki sedikit algoritma simpel untuk memonitor kalau memang korbannya sudah melakukan sharing ke Whatsapp 10 kali. Walaupun dengan mudah diakali dengan klik share 10 ke Whatsapp kali tanpa melakukan posting juga sudah cukup untuk memenuhi syarat ini. (lihat gambar 10)
20150710I_iphonegratishoax10
Gambar 10, Program akan menghitung anda sharing ke 10 kontak / group Whatsapp anda

Setelah mengklik tomgol [Share] 10 kali anda baru bisa mengklik tombol [Continue] dengan logo Apel kroak. Lalu apa yang terjadi ?
Ibarat masuk ke toko yang memberikan hadiah gratis di depan mall jika anda masuk ke dalam toko, sekali masuk ke toko anda akan mendapatkan lagi ucapan selamat. Adna akan dibawa ke situs  www.apple.gifts-center.com dan sekali lagi anda akan mendapatkan ucapan selamat (lihat gambar 11) bunyinya kira-kira :
SELAMAT… SELAMAT!
Apple Store baru di Jakarta
Jika kamu berada disini, kamu baru saja memenangkan iPhone 6
Klik OK untuk kliam hadiah saudara
20150710I_iphonegratishoax11
Gambar 11, Ucapan selamat telah memenangkan hadiah iPhone

Lalu ketika anda mengklik tombol [OK] anda akan mendapatkan tmapilan situs yang menarik seperti gambar 12. Tetapi lagi-lagi iPhone 6 nya belum anda dapatkan, kecuali gambarnya. Itupun masih belum ada gambar kotak dan chargernya. (lihat gambar 12)
20150710I_iphonegratishoax12
Gambar 12, Anda akan diminta untuk memasukkan detail pengiriman

Rasanya perjalanan cukup jauh dan kita sudah mencapai akhir perjalanan. Iphone 6 sudah di ujung jari, tinggal klik [Continue] sudah shipping. Lalu apa yang terjadi ketika anda klik [Continue] ? Lagi-lagi anda akan diminta untuk mengisi survei dengan iming-iming memenangkan Mart, voucher Hyper, voucher Hypermart dan voucher Pertamina Rp. 5 juta. (lihat gambar 13)
Gambar 13, iPhone belum dikirim juga, tetapi anda akan diminta mengisi survei dengan iming-iming hadiah voucher

Kelihatannya memang motivasi dari pembuat iming-iming iPhone palsu ini adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial dari korbannya yang digiring untuk mengisi survei. Salah satu survei yang muncul adalah seperti di bawah ini.
20150710I_iphonegratishoax14
Gambar 14, Pembuat iming2 iPhone 6 gratis ini ingin mendapatkan keuntungan finansial dari pengisi survei

Ancaman dari iming-iming iPhone 6 ini tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan ancaman malware, namun melihat mulai di incarnya messenger Whatsapp untuk menyebarkan informasi dan tautan ekternal yang menunjukkan kriminal sudah memperhitungkan messenger sebagai sarana menyebarkan diri. Dengan rekayasa yang tepat, trik ini bisa digunakan untuk mengarahkan korbannya ke situs phishing guna melakukan pencurian kredensial, eksploitasi celah keamanan dan instalasi malware. Dan kali ini sasaran utamanya bukan PC, melainkan smartphone yang notabene merupakan populasi perangkat pintar terbanyak di muka bumi ini.
Salam,


Alfons Tanujaya
info@vaksin.com

PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7A Kav.A
Cikini, Jakarta 10330
Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom

Twitter : @vaksincom
Ph : 021 3190 3800
Share by: