Test Antivirus oleh Virus Bulletin Windows 8.1

13 Agustus 2015
Test Antivirus oleh Virus Bulletin Windows 8.1
Windows 8.1 adalah OS pengganti Windows 7 dengan penguasaan pasar antara 7 % - 13 % dan OS ini dijadikan sebagai OS yang di test oleh lembaga pengetesan independen Virus Bulletin www.virusbtn.com untuk pertengahan tahun 2015. Pengetesan kali ini diikuti oleh 44 merek antivirus dunia dan akan memberikan award VBA Virus Bulletin Award pada program antivirus yang berhasil mendeteksi 100 % sampel virus ITW In The Wild dan jika anda berminat mengetahui rapor antivirus, meungkin anda tertarik untuk mengetahui RAP Reactive and Proactive Quadrant yang memberikan posisi antivirus berdasarkan kemampuannya mendeteksi sampel virus reaktif dan proaktif. Sebagai catatan, dua merek antivirus dari China Tencent dan Qihoo mengirimkan produknya untuk di test, namun tidak termasuk ke dalam produk yang dilaporkan karena belum memenuhi beberapa persyaratan administratif / teknis.
Pengetesan rutin yang dilakukan oleh Virus Bulletin ini memfokuskan pada aktivitas standar seperti memindahkan, mengkopi, mengkompres dan memekarkan data (zip dan unzip) dimana laporan yang diberikan selain akan memberikan tentang nilai RAP juga akan memberikan informasi antivirus mana saja yang mampu mendeteksi malware yang menyembunyikan dirinya dalam kompresi, karena rupanya tidak semua antivirus mampu mendeteksi malware yang mengkompres dirinya.

Adapun spesifikasi komputer test pada setiap antivirus semuanya menggunakan :
  • Prosesor AMD A6-3670K Quad Core 2.7 GHz
  • Memori RAM 4 GB DUAL DDR 1600 MHz
  • Harddisk dual 500 GB dan 1 TB SATA
  • Gigabit networking
  • OS Microsoft Windows 8.1 64-bit Professional Edition
Adapun sampel malware terdiri dari 2 set. Untuk sertifikasi VBA Virus Bulletin Award digunakan sekitar 2.000 sampel virus dari Wildlist versi 4.014 yang diambil dari www.wildlist.org. Sedangkan untuk pengetesan RAP yang lebih berat dan detail, sampel yang digunakan adalah sekitar 150.000 sampel selama beberapa kali periode pengetesan.

Dari hasil pengetesan tersebut, dikeluarkan kuadran RAP Averages Quadrant October 2014 – April 2015 untuk produk antivirus yang berpartisipasi pada gambar di bawah ini (lihat gambar 1) yang mencerminkan kemampuan antivirus yang di test mendeteksi sampel yang diberikan oleh Virus Bulletin. Pada gambar di bawah ini, makin tinggi posisi antivirus mencerminkan kemampuan deteksi reaktif (on demand scanner) antivirus yang makin baik. Sedangkan kemampuan deteksi proaktif (Proactive detection) ditunjukkan dengan posisi makin ke kanan posisi antivirus menunjukkan kemampuan deteksi proaktif (on access scanner) yang makin baik dan antivirus yang memiliki nilai RAP terbaik adalah yang berada di kanan atas. Hasil RAP terbaru Virus Bulletin Award ini juga bisa diakses langsung dari situs Virus Bulletin di https://www.virusbtn.com/vb100/RAP/RAP-quadrant-Oct14-Apr15-1200.jpg (permanen) atau https://www.virusbtn.com/vb100/latest_comparative/index (non permanen karena akan selalu memberikan informasi hasil pengetesan RAP terbaru).
Gambar 1, Virus Bulletin RAP averages Quadrant antivirus 2015

Virus Bulletin Award
Dari 44 merek antivirus yang di test, 34 merek antivirus berhasil mendapatkan VBA dan 10 merek antivirus :
  1. Avetix professional
  2. Cyren Command
  3. Ikarus
  4. Kyrol Internet Security 2014
  5. Msecure Malware Secure
  6. PC Matic
  7. Prodot Maximum Security
  8. Securalive Antivirus
  9. SmartCOP Total Security
  10. Threat Track VIPRE
Gagal mendapatkan VBA karena gagal mendeteksi sampel virus ITW yang diujikan. Namun ke sepuluh merek antivirus tersebut tidak ditemui beredar di Indonesia. Adapun merek antivirus yang beredar di Indonesia semuanya berhasil mendapatkan Virus Bulletin Award.

Tabel Reactive and Proactive
Pada dasarnya jika program antivirus berhasil mendapatkan VBA, dapat dikatakan sudah memenuhi syarat minimal untuk melindungi komputer dari 2.000-an virus ITW (In the Wild) yang daftarnya ditetapkan oleh Wildlist.org yang beranggotakan para praktisi antivirus dunia. Kabar baiknya adalah rata-rata produk antivirus yang tersedia di Indonesia (kecuali Qihoo dan Tecent dari China yang memang tidak dimasukkan ke dalam produk yang di test oleh Virus Bulletin). Tetapi jika anda ingin mengetahui lebih jauh produk apa yang memiliki peringkat kemampuan deteksi malware lebih baik, ada 12 produk antivirus yang cukup populer dan beredar di Indonesia yang di test oleh Virus Bulletin. Sebagai catatan, Avast Free Antivirus 2015 dan Panda Internet Security 2015 tidak memiliki nilai RAP karena hasil pengetesan yang dilakukan tidak lengkap sehingga nilai total RAP tidak dapat di hitung.
Adapun rangkuman nilai RAP produk-produk antivirus yang beredar di Indonesia dan di test oleh Virus Bulletin dapat di lihat pada tabel 1 di bawah ini.
Tabel 1, RAP Reactive and Proactive Quadrant Antivirus 2015
  • Semua hasil test oleh Virus Bulletin dan RAP Average yang menjadi sumber laporan ini dapat diakses secara online di https://www.virusbtn.com/vb100/archive/test?recent=1.
  • Laporan lebih rinci mengenai Virus Bulletin Award terbaru (April 2015) bisa di unduh langsung dari https://www.virusbtn.com/virusbulletin/archive/2015/04/vb201504-comparative
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com

PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7A Kav.A
Cikini, Jakarta 10330
Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom

Twitter : @vaksincom
Ph : 021 3190 3800
Share by: