WhatsApp sharing data with Facebook

5 September 2016
Whatsapp “Share my Account”
Semua informasi dari WhatsApp anda akan di sharing di Facebook ?
Awal September 2016 ini beredar broadcast pesan di WhatsApp yang membuat banyak pengguna WhatsApp khawatir bahwa semua informasinya akan di sharing di Facebook lengkap dengan petunjuk untuk mencegah hal tersebut.. Ibarat Tax Amnesti dan batas penggantian KTP elektronik yang akan berakhir 30 September 2016, broadcast ini juga menyertakan informasi bahwa pengguna WhatsApp hanya memiliki waktu 30 hari untuk melakukan pencegahan. Adapun broadcast tersebut beredar dalam 2 bahasa, Bahasa Indonesia dan Inggris.

<<<start broadcast Bahasa Indonesia>>>
Teman2 harap you cek WA masing masing Hp anda" ....ya , ini amat penting buat jaga rahasia kita.
Hrs segera bertindak 
PENTING
1. Buka WhatsApp. 
2. Klik Settings
3. Klik Account
4. Anda akan melihat 'Share My Account'
5. Jika anda baca informasi dibawahnya, anda akan melihat bahwa semua informasi dari WhatsApp anda akan di Sharing di Facebook.
6. Secepatnya matikan fitur ini.
7. Anda hanya memiliki 30 hari untuk melakukannya. 

Kalau tidak, informasi di WhatsApp anda akan terekspos ke Facebook.
Segera kirim ke semua kerabat dan keluarga anda.
<<<akhir broadcast Bahasa Indonesia>>>

<<<start broadcast Bahasa Inggris>>>
URGENT 
1. Open your Whatsapp.
2. Click on Settings 
3. Click on Account
4. You will see 'Share My Account'.
5. If you read underneath, you will see that all your information from Whatsapp is shared with Facebook
6. Quickly switch it off.
7. You have only 30 days to do this.

Unless you want your whatsapp to be shared on Facebook!
Do share this URGENT n important info with others.
<<<akhir broadcast Bahasa Inggris>>>
Gambar 1 Contoh broadcast WhatsApp 

Menurut broadcast tersebut, “semua” informasi dari WhatsApp akan di share di Facebook. Siapa pengguna WhatsApp yang waras yang tidak takut kalau semua informasi WhatsAppnya akan di Sharing di Facebook ?
Ada dua kesalahan interpretasi dari kebijakan WhatsApp ini. Pertama adalah batasan informasi apa yang akan dibagikan dengan Facebook dan kedua adalah kesalahan penerjemahan yang mengakibatkan kekhawatiran berlebih di kalangan pengguna WhatsApp awam.

Kalau diteliti informasi yang akan dibagikan adalah “WhatsApp Account information” atau informasi akun WhatsApp dan bukan “semua” informasi WhatsApp, apalagi message WhatsApp pengguna. (lihat gambar 2)
Gambar 2, Fitur untuk membagi informasi akun WhatsApp ke Facebook

Lalu apa yang dimaksudkan dengan informasi akun / Account Information ?
Berdasarkan informasi yang diberikan oleh WhatsApp dari https://www.whatsapp.com/legal/#privacy-policy-information-you-and-we-share definisi dari Account Information / informasi akun adalah :

  • Nomor telepon
  • Nama profil dan foto profil
  • Status online
  • Status message
  • Status terakhir terlihat menggunakan WhatsApp
  • Tanda terima pesan.
  • OS dan informasi hardware terkait.
  • Data penggunaan.

Bagi sebagian orang yang merasa dirinya selalu terancam, kedengarannya hal ini agak mengkhawatirkan. Namun sebagai informasi seluruh kontak WhatsApp anda juga bisa mengakses semua informasi di atas tanpa perlu persetujuan anda. Dan sebagai catatan infromasi ini dibagikan kepada Facebook sebagai induk perusahaan guna meningkatkan performa produk, memperbaiki profil pengguna untuk berbagai keperluan penyempurnaan produk termasuk penampilan iklan yang lebih efektif dan BUKAN ditampilkan ke akun / wall Facebook anda. Itupun anda masih bisa memilih untuk tidak ditampilkan asalkan anda mengetahui cara melakukan settingnya di WhatsApp anda. Sebagai informasi, setting awal adalah semua kontak bisa melihat aktivitas anda dan semua pengguna WhatsApp lain bisa melihat Profil Foto dan Status anda. Termasuk penanda apakah anda sudah menerima dan membaca pesan WhatsApp yang dikirimkan. (lihat gambar 3)
Sebagai catatan, anda bisa memilih waktu aktif anda tidak terlihat pada settingan “Who can see my personal info” dengan mengeset “Last seen” di set ke “Nobody” namun supaya fair, jika anda melakukan hal ini WhatsApp juga tidak memperbolehkan anda melihat waktu aktif orang lain.
Gambar 3, Setting Privasi di Whatsapp

Kembali ke broadcast pesan yang menyebar di WhatsApp dikatakan bahwa :

Jika anda baca informasi dibawahnya, anda akan melihat bahwa semua informasi dari WhatsApp anda akan di Sharing di Facebook.

Padahal bahasa aslinya adalah :

If you read underneath, you will see that all your information from Whatsapp is shared with Facebook.

Kelihatannya penerjemah yang melakukan brroadcast tersebut masih perlu les Bahasa Inggris karena “with” seharusnya diterjemahkan “dengan” namun dengan kreatif diganti “di” yang memberikan arti yang berbeda dan mengkhawatirkan.

Yang dimaksud WhatsApp adalah membagikan informasi akun dengan Facebook sebagai perusahaan dimana Facebook sebagai perusahaan terikat pada code of conduct dan tidak akan berani main-main dengan data sensitif dari pelanggannya karena akan menyebabkan orang meninggalkan layanannya. Namun terjemahan yang di broadcast memberikan kesan bahwa informasi akun ini akan di share di Facebook atau di akun / wall Facebook dari pengguna Whatsapp yang bersangkutan. Jika hal ini dilakukan jelas-jelas merupakan pelanggaran privasi berat dan Facebook akan berpikir 1000 kali sebelum melakukan hal ini.

Apakah pesan WhatsApp anda di share ?
Satu pertanyaan besar yang menghantui para pengguna WhatsApp adalah, apakah pesan chat di WhatsApp termasuk gambar, media dan lainnya ikut di share ?
Menurut informasi dari WhatsApp, semua chat anda dienkripsi dan Facebook atau siapapun tidak akan bisa / diperbolehkan melihat pesan, foto atau media yang anda bagikan di WhatsApp. Hanya anda dan penerima pesan yang bisa melihat informasi ini. (Dengan catatan anda menggunakan WhatsApp versi terbaru yang mengaktifkan enkripsi).

Apa tujuan perubahan peraturan ini ?
Menurut informasi dari WhatsApp, motivasi di balik perubahan ini adalah untuk :
• Mendeteksi fraud dan spam.
• Menghitung pengguna unik dengan lebih akurat, mengidentifikasi pengguna di platform yang berbeda.
• Mengaktifkan komunikasi business to consumer di platform WhatsApp di masa depan. Seperti pengingat jadwal, pengingat penerbangan / perjalanan, tanda terima penggunaan jasa aplikasi (misalnya : Gojek, Uber atau apps lainya) dan notifikasi komersil lainnya yang biasanya dikirimkan melalui SMS.

Bagaimana sebaiknya anda bersikap ?
Pertanyaan ini hanya anda yang bisa menjawab. Jika data informasi akun WhatsApp anda sedemikian pentingnya sampai-sampai tidak boleh dibagikan ke Facebook dan anda sama sekali tidak percaya kepada Facebook dan tidak berminat menggunakan layanan Facebook dan group perusahaannya (EG: Instagram), penulis menyarankan anda untuk mengikuti saran dari pesan Broadcast di atas dengan menghilangkan centang “Share my Account Info”.

Namun jika anda tahu apa yang anda lakukan, cukup percaya dengan profesionalisme Facebook dan bisa mengontrol dan mengatur informasi pribadi anda dengan baik dan anda terbuka untuk pengembangan aplikasi untuk memberikan manfaat yang lebih banyak bagi pengguna aplikasi, anda bisa memilih untuk tetap membagikan informasi ini.

Atau jika nomor telepon anda memang bersifat konfidensial, anda bisa memilih alternatif hibrid, dimana anda memiliki dua nomor WhatsApp dimana satu anda gunakan untuk komunikasi dan terbuka untuk umum dan nomor yang satunya benar-benar dirahasiakan dan hanya untuk kalangan terbatas. Namun sebagai catatan, nomor rahasia tersebut tidak dijamin bebas dari SMS Spam dan Tele marketing dan celakanya untuk dua spam ini anda tidak diberikan pilihan oleh perusahaan telko untuk menghilangkan centang “Besedia menerima SMS Spam dan Tele Marketing”.
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com
 
PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7AA
Cikini
Jakarta 10330
Ph : 021 3190 3800

Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom
Twitter : @vaksincom
Share by: