Android.Hacktool.Wifikill.A a.k.a WifiKill

21 November 2014
Malware Top Indonesia Oktober 2014
Big Hero 6 di jajaran Adware 
Anak muda sekarang kalau ditanya suka nongkrong dimana ? Suka makan dimana ? Pasti banyak yang menjawab “yang penting ada wifinya”. Senyaman apapun tempat nongkrong, seenak apapun menu makanan, kalau tempat itu tidak ada wifinya pun seperti berasa ada yang kurang. Kelihatannya sepertinya wifi itu menjadi kebutuhan pokok selanjutnya selain sandang, pangan dan papan. Sampai sampai ada yang bilang banyak pria jomblo lebih suka nyari tempat yang ber “wifi” dibandingkan tempat yang ber “wife”. Intinya nongkrong, makan dan internetan di tempat yang berwifi menjadi nilai plus daripada tempat tanpa fasilitas itu. Tapi pernah kah anda ketika asyik masyuk berinternetan ria tiba tiba koneksimu putus ? Mungkin bisa jadi memang lagi ada gangguan dari penyedia wifi tersebut, namun anda jangan langsung apriori dengan penyedia Wifi, karena mungkin juga ada orang dengan memiliki kesaktian memutuskan koneksi internet kamu.
Lho .... kok bisa ??? Makanya selalu ikuti artikel Vaksincom atau anda terancam kehilangan hubungan dengan wife.... eh.. wifi. Perkenalkan, aplikasi dengan nama Wifikill.


Apa itu WifiKill ? Mungkin aplikasi ini terdengar familiar oleh Android Geek, aplikasi yang dibuat oleh paranoia ini adalah aplikasi ini dapat mendisable koneksi internet device lain yeng terhubung langsung dengan hotspot yang sama dan terdeteksi oleh G Data Antivirus sebagai Wifikill.
20141121I_wifikill03
Gambar 1, Wifikill Dideteksi G Data Internet Security Sebagai Android.Hacktools.Wifikill.A
Bagaimana aplikasi ini bekerja ? Cara kerja aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi network controller pada sistem operasi windows yaitu mengalihkan sambungan antara ip korban dengan gateway sehingga korban pun tidak dapat berkomunikasi dengan Internet. Guna memanfaatkan aplikasi ini, Wifikill membutuhkan akses super user pada device android yang menggunakannya (rooting).(lihat gambar 2)
20141121I_wifikill04
Gambar 2 , Permintaan Superuser pada Penggunaan Aplikasi WifiKill 
Setelah di instal aplikasi ini tidak serumit yang dibayangkan dan cukup simpel dimana ia bekerja dengan cara melakukan scan ip korban pada hotspot yang sama dan pelaku tinggal melakukan centang pada ceklist dan menentukan apakah ia ingin mematikan wifi dari IP yang dicentang tersebut atau tidak. (lihat gambar 3)
20141121I_wifikill01
Gambar 3 Cara Kerja Wifikill
Dampak yang terjadi pada IP korban yaitu terputusnya koneksi internet yang diawali dengan terputusnya sambungan ke gateway sehingga akan mengalami masalah dalam koneksi internet. Lihat perbedaannya pada gambar 4 disini tim vaksin menggunakan gateway 192.168.43.1
20141121I_wifikill05
Gambar 4 , Atas dan Bawah adalah Koneksi Korban ke gateway yang diserang Wifikill dan tengah adalah koneksi korban ke gateway normal
Bagaimanakah kita bisa terhindar dari ancaman ini..?

Daripada pas lagi asyik nongkrong sambil wifi-an, tahu-tahu koneksi terputus karena serangan ini. Jangan khawatir, Vaksincom siap membantu anda memberikan solusi.

  1. Bagi Anda Pengguna Sistem Operasi Windows bisa menggunakan aplikasi anti netcut yaitu aplikasi yang dapat melindung dari pengguna lain akan eksploitasi netcut yang sebelumnya sudah sering terdengar pada sistem operasi windows. Nantikan artikel bagaimana cara menggunakan Netcut hanya di Vaksincom.
  2. Bagi anda penguna Sistem Operasi Android dapat mengunduh aplikasi Wifi Protector yaitu sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk melindungi device dari serangan tool jahat lainnya yang memanfaatkan wifi. (lihat gambar 5)
20141121I_wifikill02
Gambar 5 Tools Wifi Protector yang dapat di unduh di Google Play
Untuk Proteksi Maksimal terhadap malware dan serangan cyber lainnya, gunakan G Data Mobile Security for Android (gratis) yang dapat diunduh dari Google Play https://play.google.com/store/apps/details?id=de.gdata.mobilesecurity
Salam,


Paisal Apdau
info@vaksin.com

PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7A Kav.A
Cikini, Jakarta 10330
Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom

Twitter : @vaksincom
Ph : 021 3190 3800
Share by: