Try Blackberry Messenger on PC

18 Desember 2013
Try Blackberry Messenger on PC
Maunya dapat BBM di PC, malah jadi sinterklas
Para pengguna Facebook Indonesia harap berhati-hati jika mendapatkan undangan 'Blackberry Messenger on PC' dari kontak Facebook anda. Alih-alih anda mendapatkan aplikasi BBM di PC, anda malahan akan dikelabui untuk menginstal aplikasi abal-abal dan di arahkan ke situs apps Facebook yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjadikan anda sinterklas guna memberikan keuntungan bagi pembuat aplikasi abal-abal ini dari kegiatan anda mengklik iklan-iklan yang telah disiapkan pada situs apps Facebook tersebut.

Pada awalnya anda akan mendapatkan pemberitahuan dari Facebook bahwa anda mendapatkan undangan dari teman Facebook anda untuk mencoba aplikasi 'Blackberry Messenger on PC' (lihat gambar 1)
20131218I_bbmonpc01
Gambar 1, Undangan dari teman anda yang telah 'tertipu' menginstal aplikasi BBM for PC abal-abal
Jika anda mengklik undangan tersebut, anda akan langsung digiring (bukan Nidji) ke situs https://apps.facebook.com/bbmo*pc/ dan anda akan diminta untuk memberikan approval instalasi aplikasi (lihat gambar 2)
20131218I_bbmonpc02
Gambar 2, Layar persetujuan instalasi Blackberry Messenger on PC abal-abal
Jika anda menyetujui dengan mengklik [Okay] maka aplikasi ini akan terinstal di akun Facebook anda dan anda akan langsung dimintai persetujuan untuk mengirimkan aplikasi ini ke seluruh kontak Facebook anda (lihat gambar 3)
20131218I_bbmonpc03
Gambar 3, Setelah terinstal aplikasi akan mencoba mengirimkan dirinya ke seluruh kontak anda
Jika anda menyetujui hal ini dan mengklik tombol [Send Request] maka semua kontak anda akan mendapatkan undangan untuk mencoba aplikasi ini seperti pada gambar 1 di atas.

Sebenarnya semua proses di atas adalah proses yang legitimate dari Facebook, namun yang menjadi masalah adalah aplikasi yang dijanjikan Blackberry Messenger on PC tidak akan pernah anda dapatkan. Malahan dalam kenyataannya anda akan digiring untuk mengklik iklan-iklan yang telah dipersiapkan oleh pembuat aplikasi abal-abal ini.

Hebatnya, pembuat apps abal-abal ini sudah mempersiapkan dirinya cukup baik untuk menjaring uang karena situs https://apps.facebook.com/bbmonpc/ ini secara otomatis di forwardkan ke situs gratisan weebly.com yang telrah dipersiapkan sebelumnya dengan alamat http://bbmshu.weebly.com/.


Anda jadi Sinterklas pemalu

Lalu apa yang akan di dapatkan oleh pembuat apps palsu ini ? Tidak jauh-jauh, seperti koruptor yang ingin mendapatkan uang banyak dengan cara tidak halal, pembuat apps ini berharap mendapatkan uang dari iklan yang sudah dipersiapkannya di situs apps facebook ini. Tidak tanggung-tanggung, situs apps ini memuat beberapa iklan yang akan berjalan secara otomatis dan akan menyesuaikan isinya dengan lokasi anda. Beberapa pemasang iklan online yang muncul sewaktu Vaksincom mengakses situs apps abal-abal ini adalah situs belanja online Bhinn*ka, Laza*a, situs jalan-jalan TripAdvis*r, Standard Charter*d dan Lex*s Asia (lihat gambar 4 dan 5). 
Gambar 4, Iklan yang muncul di situs apps Blackberry Messenger on PC abal-abal
20131218I_bbmonpc05
Gambar 5, Iklan mobil dan perbankan yang muncul di situs BBM for PC abal-abal
Perlu menjadi catatan adalah pemilik iklan yang muncul sepengetahuan Vaksincom tidak memiliki hubungan dengan pembuat aplikasi abal-abal ini. Kemungkinan iklan perusahaan-perusahaan ini yang muncul karena agen iklan online yang mereka kontrak menempatkan iklannya pada koordinator pemasang iklan besar lainnya dan apesnya penempatan ini dilakukan pada lapak yang tidak kredibel dan berusaha mendapatkan iklan dengan membuat apps palsu dan menipu pengguna Facebook dengan aplikasi abal-abal.

Selain pemasang iklan yang menjadi korban, pemilik akun Facebook juga menjadi korban karena ia akan mengirimkan undangan untuk menggunakan aplikasi abal-abal ini kepada semua kontak Facebooknya. Jika anda ikut menjadi korban ada 2 hal yang perlu segera anda lakukan :
  1.     Segera informasikan kepada teman-teman Facebook anda untuk tidak menginstal aplikasi ini.
  2.     Segera uninstal aplikasi ini dari akun Facebook anda.
Cara uninstal aplikasi BBM for PC gadungan

Kalau anda sudah menginstal apps Blackberry on PC ini di akun Facebook anda, setiap kali anda akses situs apps ini ia akan otomatis memunculkan pop up untuk menyebarkan informasi ini ke semua kontak anda, sekalipun anda sudah pernah melakukan hal ini (lihat gambar 3 di atas).

Untuk menghapusnya lakukan langkah berikut ini :
  1.     Buka peramban anda dan login ke akun Facebook anda.
  2.     Buka Tab baru dari peramban dengan mengklik [Ctrl] [T]
  3.     Ketik alamat :
    https://www.facebook.com/settings?tab=applications

di peramban untuk mengakses aplikasi Facebook yang terinstal. dan cari aplikasi dengan nama 'Blackberry Messenger on PC' dan Klik untuk membuka menu lebih jauh (lihat gambar 6).
20131218I_bbmonpc06
Gambar 6, Cari aplikasi dengan nama 'Blackberry Messenger on PC'
4. Klik [Remove App] anda akan mendapatkan layar konfirmasi 'Remove Blackberry Messenger on PC?' (lihat gambar 7)
20131218I_bbmonpc07
Gambar 7, Layar konfirmasi menghapus Blackberry Messenger on PC.
Klik [Remove] untuk menyetujui penghapusan aplikasi ini.
Salam,

Alfons Tanujaya
info@vaksin.com

PT. Vaksincom
Jl. R.P. Soeroso 7A Kav.A
Cikini, Jakarta 10330
Website : http://www.vaksin.com
http://www.virusicu.com
Fanpage : www.facebook.com/vaksincom

Twitter : @vaksincom
Ph : 021 3190 3800
Share by: